Senin, 10 November 2014

Tugas ke-2

III.
Topik : Pengaruh internet terhadap perkembangan perilaku pelajar.
Tujuan : Membuktikan bahwa internet dapat memberikan berbagai dampak positif dan negatif bagi para pemakainya.
Tesis : Kemudahan mengakses internet bagi semua orang, khususnya para pelajar, dapat memberikan dampak positif  dan negatif terhadap perilaku kesehariannya.

BAB I.PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang
Seiring dengan pesatnya perkembangan dan kemajuan teknologi dan informasi sangatlah di perlukan kemudahan dalam mengakses informasi tersebut. Sehingga hal ini menyebabkan peningkatan jumlah pengguna internet setiap tahun yang selalu meningkat. Internet merupakan salah satu jenis media elektronik yang saat ini sangat populer. Banyak sekali layanan akses internet yang dapat kita gunakan. Layanan internet yang paling populer saat ini adalah menggunakan wireless LAN yang merupakan akses internet tanpa kabel, atau menggunakan handpone, modem, laptop dan yang lain. Hal ini dikarenakan lebih simpel dan efisien deripada menggunakan layanan nirkabel.
Internet dapat berfungsi sebagai sarana komunikasi dan penyedia informasi. Internet dapat menghubungkan kita dengan semua orang di mana saja di seluruh dunia. Misalnya, kita mampu mengirim surat melalui fasilitas E-mail (Elektronic Mail). Selain itu kita juga bisa berkomunikasi / chatting dengan memanfaatkan internet. Untuk urusan jual beli barang pun kita dapat menggunakan internet sebagai media promosi. Beberapa instansi sekolah ataupun universitas sudah memanfaatkan internet dalam proses belajar mengajar sehari-hari.
Saat ini secara umum sudah banyak orang yang mengenal dan mahir dalam mengoperasikan komputer dan mengakses internet. Mulai dari karyawan kantor, pekerja lapangan, kaum pelajar, ibu-ibu rumah tangga, pedagang, hingga anak-anak sudah bisa menggunakannya. Bahkan anak-anak yang masih duduk di bangku SD pun sudah mampu mengoperasikan komputer dan mengakses internet dengan baik. Akan tetapi dalam pengunaannya masih kurang efisien dan tidak mendidik, karena sebagian besar dari mereka hanya memanfaatkannya sebagai sarana untuk bermain game online ataupun mengakses hal-hal yang tidak pantas. Sebagian besar dari mereka juga belum mengetahui dampak apa saja yang nantinya dapat terjadi. Hal inilah yang menyebabkan banyak kerusakan pada kalangan muda khususnya pelajar.
Kemudahan dalam mengakses internet inilah yang menimbulkan dilema dan keresahan bagi para orangtua. Mereka khawatir perilaku dan pola pikir anak-anak mereka berubah, seiring dengan pesatnya perkembangan era globalisasi dan kemudahan dalam mengakses internet. Oleh karena itu saya mengambil topik ini tentang pengaruh internet terhadap para pelajar yang akan membahas tentang dampak positif dan negatif pengunaan internet bagi pelajar maupun seluruh masyarakat.

1.2. Rumusan Masalah
  1. Seberapa pentingkah internet dalam kehidupan sehari-hari?
  2. Apa saja dampak positif dan dampak negatif yang ditimbulkan dari internet?
  3. Apakah internet dapat merusak perilaku dalam kehidupan pemakainya?


1.3. Tujuan
  1. Mengetahui peran penting internet dalam kehidupan sehari-hari.
  2. Mengetahui cara pemakaian dan pemanfaatan internet yang benar.
  3. Mengetahui dampak pengunaan internet bagi pemakainnya.


BAB II. METODE PENELITIAN

2.1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang saya gunakan adalah penelitian korelatif, yaitu menghubungkan hasil penelitian yang ada. Data yang saya peroleh adalah dari para pecandu internet dan menggabungkan menjadi kesimpulan dan dijelaskan tentang dampak positif dan negatif yang akan dijelaskan di Bab III. Pembahasan.

2.1. Teknik Pengumpulan Data
Saya mengumpulkan data berdasarkan wawancara dari beberapa teman dan orang yang saya kenal, kemudian data tersebut saya masukkan dalam pembahasan pada Bab III. Pembahasan.

BAB III . PEMBAHASAN

3.1. Dampak Positif Penggunaan Internet.
1.      Internet sebagai sarana komunikasi, dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya di seluruh dunia.
2.      Media pertukaran data, para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat, mudah dan murah. 
3.      Sarana mencari informasi atau data yang penting dan akurat. 
4.      Kemudahan memperoleh informasi, sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi di mana saja.
5.      Sarana informasi dalam bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain sebagainya. 
6.      Media jual bei online yang praktis, kemudahan bertransaksi dan berbisnis sehingga menghemat biaya, waktu dan tenaga.

3.2.   Dampak Negatif Penggunaan Internet.
1.        Pornografi. Banyak yang beranggapan dan mengatakan bahwa internet identik dengan pornografi. Karena dengan kemampuan penyampaian informasi yang dimiliki internet, pornografi pun semakin merajalela.
2.        Kekejaman, kekerasan dan kesadisan juga banyak ditampilkan di internet.
3.        Penipuan dalam segala hal (bisnis, pertemanan, dsb).
4.        Carding (kejahatan cara bertransaksi belanja menggunakan kartu kredit).
5.        Perjudian atau biasa dikenal dengan judi online. Hal ini memudahkan para penjudi untuk tidak perlu pergi ke tempat khusus.
6.        Mengurangi sifat sosial kemanusiaan karena cenderung lebih suka berhubungan lewat internet daripada bertemu secara langsung (face to face).
7.        Perubahan pola bermasyarakat dalam saling berinteraksi.
8.        Bisa menjadi seseorang kecanduan,terutama dalam hal pornografi dan dapat menghabiskan uang karena hanya untuk melayani kecanduan tersebut.

BAB IV. PENUTUP

4.1. Kesimpulan
Berdasarkan pembahasan yang telah disebutkan diatas, dapat disimpulkan bahwa :
1.        Internet merupakan fasilitas belajar yang sangat baik jika dimanfaatkan dengan baik.
2.        Baik atau buruknya suatu kegiatan bergantung pada perilaku pemakainya.
3.        Dalam penggunaan internet harus diatur dengan baik untuk menjaga kesehatan.

4.2.    Saran
Saran saya kepada para pembaca :
1.        Atur waktu dalam mengakses internet, jangan terlalu berlarut larut agar kegiatan lain kita tidak terganggu.
2.        Manfaatkan akses unternet untuk hal-hal positif dan tidak merugikan orang lain.
3.        Atur jarak pandang mata dengan komputer, agar mata tidak rusak akibat terlalu sering bermain game online atau berselancar di dunia maya.
4.        Gunakan internet sebagai sarana untuk belajar dan mencari informasi yang bermanfaat.

DAFTAR PUSTAKA

http://id.wikipedia.org/wiki/Internet

http://octahyuuga.wordpress.com/2009/03/02/dampak-negatif-dan-positif-dari-internet/

http://yudakuyudz.wordpress.com/2008/03/19/dampak-positif-dan-negatif-akibat-perkembangan-teknologi-internet/


II.
1.    Bacaan diatas berupa laporan :
c. Fiktif.
2.    Laporan tersebut disusun secara :
b. Deduktif.
3.    Laporan diatas berisi :
c. Perencanaan.
4.    Bahasa laporan itu :
c. Logis.
5.    Pendekatan pembahasan :
c. Persuasif.

I.
1.    Ragam bahasa bacaan diatas :
a. Tulis ilmiah.
2.    Topik bacaan diatas :
b. Pengujian sampling.
3.    Kalimat kedua menyatakan :
a. Perbedaan sampel besar dan sampel kecil.
4.    Kata sampel sebaiknya ditulis :
c. Sampel.
5.    Kalimat kelima “Berarti, untuk sampel-sampel kecil, kesimpulannyatak dapat dijamin.” Untuk sampel-sampel kecil merupakan :
c. Subjek.
6.    Topik yang baik harus memenuhi syarat berikut ini, kecuali :
c. Cukup luas.
7.    Contoh topik yang baik bagi studi akuntansi misalnya :
b. Analisis fungsi prakiraan bisnis terhadap kinerja keuangan.
8.    Kalimat tesis yang baik misalnya :
b. Penggunaan program komputer yang dirancang secara tepat akan berpengaruh secara positif terhadap pengembangan sistem kerja.
9.    Kalimat tesis yang baik memenuhi syarat berikut ini, kecuali :
d. Menggunakan kata konotasi.
10. Pilihlah contoh perumusan masalah karangan ilmiah yang menuntut adanya analisis :
b. Bagaimana fungsi akuntansi biaya terhadap kinerja produksi.
11. Pilihlah kata yang menyatakan tujuan penelitian.
     a. Membuktikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar