Jumat, 16 Oktober 2015

TUGAS 1 - PENGANTAR TELEMATIKA

1. Jelaskan fungsi dan peranan telematika diberbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari!

Fungsi dan peranan telematika diberbagai bidang dalam kehidupan sehari-hari antara lain:
  • Alat pemersatu bangsa. Teknologi telematika mampu menyatukan bangsa melalui pengembangan sistem informasi yang menghubungkan semua institusi di seluruh Indonesia dengan cepat dan mudah.
  • Mengoptimalkan proses pembangunan disegala bidang. Telematika memberikan dukungan terhadap manajemen dan pelayanan berupa sarana telekomunikasi sehingga memudahkan masyarakat untuk saling berinteraksi tanpa terhalang jarak dan biaya murah.
  • Meningkatkan Pendapatan. Produk dan jasa teknologi telematika mampu memberikan peningkatan pendapatan dalam bentuk devisa hasil ekspor jasa dan produk industri telematika.
  • Mempererat silaturahmi. Dengan telematika, komunikasi menjadi sangat mudah sehingga mudah pula untuk menyebarkan informasi dari satu daerah ke daerah lain. 

2. Apa yang menyebabkan layanan telematika semakin berkembang, jelaskan!

Yang menyebabkan layanan telematika saat ini semakin berkembang pesat adalah :
  • Globalisasi ekonomi menciptakan suasana kompetisi yang semakin ketat. Hal ini menuntut penyelenggaraan telekomunikasi dengan kualitas layanan yang semakin tinggi.
  • Kebutuhan masyarakat akan sebuah informasi yang cepat dan mudah melatarbelakangi perkembangan telematika, dengan harapan mampu membantu masyarakat dalam beberapa bidang (pemerintahan, pendidikan, perekonomian, dll). 

3. Aplikasi-aplikasi apa saja yang muncul dengan memanfaatkan layanan telematika dan apa peranan dari aplikasi tersebut?

Dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, saat ini muncul berbagai macam aplikasi dengan memanfaatkan layanan telematika. Aplikasi tersebut sudah digunakan dalam berbagai bidang seperti pendidikan, perekonomian, bidang pemerintahan dan memiliki peranan penting dalam menunjang proses penyampaian informasi. Berikut beberapa contoh aplikasi-aplikasi yang memanfaatkan layanan telematka :
  • E-mail (Electronic Mail). Dengan aplikasi sederhana seperti email maka seseorang yang berada di suatu tempat dapat tetap berkomunikasi dengan orang lain pada tempat lain. Selain itu, dengan email, orang dapat mengirimkan berbagai informasi yang cukup banyak, yang tidak mungkin dapat dilakukan dengan media komunikasi yang lain.
  • E-commerce (Electronic commerce atauPerdagangan elektronik), adalah penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.
  • E-banking, adalah transaksi keuangan antara personal / perorangan dengan organisasi lainnya dan juga dengan bank yang berkaitan tanpa adanya uang fisik yang terlibat. 

4. Bagaimana menghindari dampak negatif dari perkembangan telematika? Jelaskan!

Seiring dengan pesatnya perkembangan telematika, secara beriringan pasti dapat menimbulkan dampak positif dan negatif bagi pemakainya. Adapun cara menghindari dampak negatif dari pesatnya perkembangan telematika diantaranya :
  • Memblokir situs - situs dan website yang tidak edukatif dan dapat menimbulkan dampak buruk. 
  • Menggunakan teknologi informasi sesuai dengan kebutuhan. Jangan melakukan hal - hal yang tidak penting, seperti bermain game, karena dapat menyebabkan kecanduan. 
  • Memilih dan memilah informasi yang beredar internet serta mencari tahu kebenaran informasi tersebut sebelum mencernanya.
  • Mengatur kegiatan pemakaian teknologi informasi agar tidak berlebihan.
  • Tidak menggunakan teknologi informasi untuk melakukan kejahatan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar