1.
Faktor-faktor Perubahan Organisasi
Secara garis besar faktor penyebab terjadinya
perubahan dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu:
1.1 Faktor Ekstern
Faktor ekstern adalah penyebab perubahan yang berasal dari
luar, atau sering disebut lingkungan. Organisasi bersifat responsive terhadap
perubahan yang terjadi di lingkungannya. Oleh karena itu, jarang sekali suatu
organisasi melakukan perubahan besar tanpa adanya dorongan yang kuat dari
lingkungannya. Artinya, perubahan yang besar itu terjadi karena lingkungan
menuntut seperti itu. Beberapa penyebab perubahan organisasi yang termasuk
faktor ekstern adalah perkembangan teknologi, faktor ekonomi dan peraturan pemerintah.
1.2 Faktor Intern
Faktor intern adalah penyebab
perubahan yang berasal dari dalam organisasi yang bersangkutan, yang dapat
berasal dari berbagai sumber antara lai, yaitu :
·
Problem hubungan antar anggota.
Hubungan antar
anggota yang kurang harmonis merupakan salah satu problem yang lazim terjadi. Problem yang
menyangkut hubungan atasan bawahan disebut hubungan yang
bersifat vertikal, dan problem yang menyangkut hubungan sesama anggota yang
kedudukannya setingkat disebut hubungan yang bersifat horizontal. Problem
atasan bawahan yang sering timbul adalah problem yang menyangkut pengambilan
keputusan dan komunikasi. Problem yang sering timbul berkaitan
dengan hubungan sesama anggota organisasi pada umumnya menyangkut
masalah komunikasi dan kepentingan masing-masing anggota.
·
Problem dalam proses kerja sama.
Sistem kerja sama yang terlalu birokratis atau sebaliknya dapat
menyebabkan suatu organisasi menjadi tidak efisien karena menyebabkan
hubungan antar anggota menjadi impersonal yang mengakibatkan rendahnya semangat
kerja sehingga menyebabkan produktivitas menurun.
·
Problem keuangan.
Perlengkapan yang digunakan dalam mengolah input menjadi output juga
dapat merupakan penyebab dilakukannya perubahan. Tujuan penggunaan berbagai
perlengkapan dan peralatan dalam proses kerjasama ialah agar diperoleh hasil
secara efisien.
2.
Proses Perubahan
Perubahan Organisasi merupakan modifikasi substantif
pada beberapa bagian organisasi. Perubahan itu dapat melibatkan hampir semua
aspek dari organisasi, seperti jadwal pekerjaan, dasar untuk
departementalisasi, rentang manajemen, mesin-mesin, rancangan organisasi, dan
sebagainya.
Alasan mendasar organisasi memerlukan perubahan adalah
karena sesuatu yang relevan bagi organisasi telah berubah, atau akan berubah.
Oleh sebab itu, organisasi tidak punya pilihan lain kecuali berubah juga.
Perubahan ini terjadi karena adanya dorongan untuk berubah, yang berasal dari:
a.
Dorongan
Eksternal
Dorongan eksternal yang mendorong organisasi untuk
mengadakan perubahan berasal dari lingkungan umum organisasi, yakni adanya aturan baru dalam produksi dan persaingan,
politik, hukum baru, keputusan pengadilan, dan sebagainya akan mempengaruhi
organisasi. Selain itu, berbagai dimensi seperti teknologi,
ekonomi dan sosiokultural juga mempengaruhi organisasi untuk melakukan
perubahan.
b.
Dorongan
Internal
Pada dasarnya dorongan internal berasal dari dalam
organisasi itu sendiri. Adanya revisi strategi organisasi oleh manajemen
puncak, akan menghasilkan perubahan organisasi.
Secara umum ada
dua jenis perubahan dalam organisasi.
a.
Perubahan
terencana, yaitu perubahan yang dirancang dan
diimplementasikan secara berurutan dan tepat waktu sebagai antisipasi dari
peristiwa di masa mendatang.
b.
Perubahan
raktif, suatu
respon bertahap terhadap peristiwa ketika muncul.
Ada tujuh
langkah komprehensif yang ditempuh dalam proses perubahan organisasi, yaitu :
a.
Mengenali
kebutuhan akan perubahan.
b.
Menetapkan
tujuan perubahan.
c.
Mendiagnosis
apa yang menyebabkan perlunya dilakukan perubahan.
d.
Memilih
teknik perubahan yang sesuai untuk mencapai tujuan.
e.
Merencanakan
implementasi untuk perubahan.
f.
Mengimplementasikan
perencanaan perubahan.
g.
Mengevaluasi
perubahan dan tindak lanjut
3.
Ciri-ciri Pengembangan Organisasi
Ciri-ciri pengembangan organisasi yang efektif adalah
:
a.
Merupakan
strategi terencana dalam mewujudkan perubahan organisasional, yang memiliki
sasaran jelas berdasarkan diagnosa yang tepat dan akurat tentang permasalahan
yang dihadapi oleh suatu organisasi.
b.
Merupakan
kolaborasi antara berbagai pihak yang akan terkena dampak perubahan yang akan
terjadi terhadap suatu organisasi.
c.
Menekankan
cara-cara baru yang diperlukan untuk meningkatkan kinerja seluruh organisasi
dan semua satuan kerja dalam organisasi.
d.
Mengandung
nilai humanistik dimana pengembangan potensi manusia menjadi bagian terpenting.
e.
Menggunakan
pendekatan komitmen sehingga selalu memperhitungkan pentingnya interaksi,
interaksi dan interdependensi antara organisasi sau dengan organisasi yang
lainnya.
f.
Berbagai satuan kerja
sebagai bagian integral di suasana yang utuh.
g.
Menggunakan
pendekatan ilmiah dalam upaya meningkatkan efektivitas organisasi.
4.
Metode Pengembangan Organisasi
4.1
Metode Pengembangan Perilaku
a.
Program Geradi Manajemen, yaitu program yang mengkombinasikan pelatihan kepemimpinan dan latihan
pengembangan kelompok.
b.
Pembinaan tim, yaitu suatu
tehnik manajemen yg mencakupkan sejumlah metode spesifik untuk membentuk
kerja tim yang efektif, baik didalam maupun di antara kelompok kerja.
c.
Perencanaan kehidupan, yaitu metode
pengembangan yg mendorong dan memungkinkan orang berperan aktif dalam memadukan karier dan
aktivitas kehidupan mereka kearah hasil yang memuaskan.
d.
Pelatihan kepekaan, yaitu metode
yang diterapkan secara luas untuk membantu orang orang mempelajari cara
peningkatan ketrampilan antar pribadi mereka.
4.2 Metode
Pengembangan Struktur
a.
Manajemen berdasarkan sasaran (Manajemen by
Objective / MBO), yaitu membantu
menyediakan wewenang lebih besar bagi setiap orang untuk menentukan
tujuan pekerjaannya.
b.
Sistem 4, yaitu pendekatan
yg diterapkan secara luas untuk mengembangkan karakteristik desain organik dalam suatu
organisasi.
c.
Teknologi desain maps (multivariate
analysis), yaitu metode mendesain organisasi berdasarkan
hubungan yg dipandang perlu untuk melaksankan tugas individu.
SUMBER :
-
http://abdilahkhusu25.blogspot.com/2013/01/perubahan-dan-perkembangan-organisasi_24.html?m=1
-
http://boycharotz1st.blogspot.com/2013/01/perubahan-dan-perkembangan-organisasi.html
-
http://ocw.gunadarma.ac.id/course/computer-science-and-information/information-system-s1-1/teori-organisasi-umum-2-1/perubahan-dan-perkembangan-organisasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar