Komunikasi adalah proses penyampaian informasi yang akurat dari satu unit pengirim (orang atau benda) ke unit penerima (orang atau benda yang lain).
Komunikasi organisasi pada umumnya membahas tentang struktur dan fungsi organisasi, hubungan antarmanusia, komunikasi dan proses pengorganisasian serta budaya organisasi. Komunikasi organisasi diberi batasan sebagai arus pesan dalam suatu jaringan yang sifat hubungannya saling bergantung satu sama lain meliputi arus komunikasi vertikal dan horizontal.
UNSUR-UNSUR KOMUNIKASI
1. Sumber.
Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan untuk memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.
6. Tanggapan.
Tanggapan adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai, maka komunikasi berhasil.
HAMBATAN KOMUNIKASI
1. Hambatan yang bersifat teknis.
2. Hambatan semantik.
3. Hambatan perilaku.
KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Komunikasi dalam organisasi dapat diklasifikasikan berdasarkan dari beberapa aspek, yaitu :
1. Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan.
b. Komunikasi Tertulis.
c. Komunikasi Verbal.
d. Komunikasi non Verbal.
Sumber adalah dasar yang digunakan dalam penyampaian pesan dan digunakan untuk memperkuat pesan itu sendiri. Sumber dapat berupa orang, lembaga, buku, dokumen dan sejenisnya.
2. Komunikator.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai komunikator, yaitu:
a. Penampilan sesuai tata krama dengan memperhatikan tempat, waktu, dn tempat.
b. Penguasaan masalah atau materi atau informasi yang disampaikan.
c. Penguasaan bahasa yang baik dan benar.
Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebagai komunikator, yaitu:
a. Penampilan sesuai tata krama dengan memperhatikan tempat, waktu, dn tempat.
b. Penguasaan masalah atau materi atau informasi yang disampaikan.
c. Penguasaan bahasa yang baik dan benar.
3. Pesan yang disampaikan.
Pesan adalah keseluruhan dari apa yang disampaikan oleh komunikator. Pesan ini mempunyai inti pesan yang sebenarnya menjadi pengarah di dalam usaha mencoba mengubah sikap dan tingkah laku komunikan.
4. Channel / saluran.
Channel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa, misalnya televisi.
Channel adalah saluran penyampaian pesan, biasa juga disebut dengan media. Media komunikasi dapat dikategorikan dalam dua bagian, yaitu media umum dan media massa. Media umum adalah media yang dapat digunakan oleh segala bentuk komunikasi, contohnya radio dan sebagainya. Media massa adalah media yang digunakan untuk komunikasi massa, misalnya televisi.
5. Komunikasi.
Dari segi sasarannya, komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.
Dari segi sasarannya, komunikasi ditujukan atau diarahkan kedalam komunikasi personal, komunikasi kelompok dan komunikasi massa.
6. Tanggapan.
Tanggapan adalah hasil akhir dari suatu komunikasi, yaitu sikap dan tingkah laku orang, sesuai atau tidak sesuai dengan yang kita inginkan. Apabila sikap dan tingkah laku orang lain itu sesuai, maka komunikasi berhasil.
HAMBATAN KOMUNIKASI
1. Hambatan yang bersifat teknis.
2. Hambatan semantik.
3. Hambatan perilaku.
KLASIFIKASI KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Komunikasi dalam organisasi dapat diklasifikasikan berdasarkan dari beberapa aspek, yaitu :
1. Dari segi sifatnya :
a. Komunikasi Lisan.
- Komunikasi lisan secara langsung adalah komunikasi yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang saling bertatap muka secara langsung dan tidak ada jarak atau peralatan yang membatasi mereka.lisan ini terjadi pada saat dua orang atau lebih saling berdialog pada saat wawancara, rapat, pidato.
- Komunikasi lisan yang tidak langsung adalah komunikasi yang dilakukan dengan perantara alat seperti telepon, handphone, VoIP, dan sebagainya karena adanya jarak dengan si pembicara dengan lawan bicara.
- Komunikasi tertulis adalah komunikasi yang di lakukan dengan perantaraan tulisan tanpa adanya pembicaraan secara langsung dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas, dan dapat dimengerti oleh penerima. Contoh dapat berupa surat-menyurat, majalah, spanduk, iklan, sms, surat elektronik, dan lain sebagainya.
c. Komunikasi Verbal.
- Komunikasi verbal adalah komunikasi dengan menggunakan simbol-simbol verbal. Simbol verbal bahasa
merupakan pencapaian manusia yang paling impresif. Ada aturan-aturan yang ada untuk setiap bahasa yaitu
fonologi, sintaksis, semantik dan pragmatis.
- Komunikasi nonverbal adalah proses komunikasi dimana pesan disampaikan tidak menggunakan kata-kata. Contoh komunikasi nonverbal ialah menggunakan gerak isyarat, bahasa tubuh, ekspresi wajah dan kontak mata, penggunaan objek seperti pakaian, potongan rambut, dan sebagainya, simbol-simbol, serta cara berbicara seperti intonasi, penekanan, kualitas suara, gaya emosi, dan gaya berbicara.
2. Dari Segi Arahnya :
a. Komunikasi ke atas.
b. Komunikasi ke bawah.
c. Komunikasi diagonal keatas.
d. Komunikasi diagonal kebawah.
e. Komunikasi horizontal.
f. Komunikasi satu arah.
g. Komunikasi dua arah.
3. Menurut Lawannya :
a. Komunikasi satu lawan satu.
b. Komunikasi satu lawan banyak (kelompok).
c. Komuniasi lawan kelomppok.
4. Menurut Keresmiannya :
a. Komunikasi formal
b. Komunikasi informal
KESIMPULAN
Komunikasi dalam organisasi pada dasarnya merupakan suatu kegiatan intern didalam organisasi. Semua masalah yang timbul dalam organisasi akan segera dapat diatasi apabila komunikasi yang berlangsung dalam organisasi dapat berjalan dengan baik. Komunikasi dalam organisasi akan berjalan dengan baik apabila arus informasi dalam organisasi tidak menghadapi hambatan. Pimpinan organisasi membutuhkan informasi yang cepat dan tepat. Oleh karena itu komunikasi merupakan suatu bidang yang sangat penting dalam organisasi.
Sumber :
-http://aardiansyah.blogspot.com/2012/11/pengertian-komunikasi-defenisi.html-http://wartawarga.gunadarma.ac.id/2010/01/komunikasi-dalam-organisasi-13/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar